Jaringan Komputer



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pertemuan kedua Jaringan Komputer  yang dibimbing oleh Bpk. Ridho Pamungkas S. Kom., M. Kom. dimana dipresensikan oleh Aditya, Panji dan Furqon dengan materi Pengenalan Jaringan Kompter.

Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data. Jaringan komputer dibangun dengan kombinasi hardware dan software. Untuk membuat jaringan komputer, switch dan router menggunakan berbagai protokol dan algoritma untuk bertukar informasi dan untuk membawa data ke titik akhir yang diinginkan. Setiap titik akhir (kadang disebut host) dalam jaringan memiliki pengenal unik, sering kali alamat IP atau alamat Media Access Control yang digunakan untuk menunjukkan sumber atau tujuan transmisi. Endpoint dapat mencakup server, komputer pribadi, telepon, dan berbagai jenis hardware jaringan.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer berdasarkan Area
LAN (Local Area Network)
Jaringan LAN area relatif pendek, dimana hanya mencakup sebuah gedung, sekolah dan kampus dengan lingkup kecil.
MAN (Matropolitan Area Network)
MAN yaitu jaringan komputer yang menguhubungkan dua atau lebih jaringan pada LAN, dimana MAN mencakup cukup luas yaitu antar gedung,  antar sekolah dan antar kampus.
WAN (Wide Area Network)
WAN yaitu jaringan komputer yang mencakup area yang sangat luas, dimana bisa mencakup antar kota, maupun provinsi bangkah bisa antar negara.

Jenis – Jenis Jaringan Komputer bedasarkan Media
Jaringan Berkabel
Jenis jaringan ini menggunakan media kabel dalam menguhubungkan antar komputer dalam jaringan
Jaringan Nirkabel
Jenis jaringan ini tanpa media kabel tetapi menggunakan Wireless, dengan menggunakan gelombang 
elektromagnetik dalam setiap kiriman signal informasinya

       Materi ini depresentasikan oleh kelompok 1 dengan anggota Adit, Panji dan Furqon dari menyampaikan materi Jaringan Komputer terdapat pertanyaan dari Wahyu dan Jarwoko.
Pertanyaan dari Wahyu disampaikan bahwa tempat bekerjanya sebagai Guru di Sekolah Menengah Kejuruan yaitu Smk Pgri 1 Ngawi. Dari materi jaringan komputer Sekolah Menengah Kejuruan itu menggunakan jaringan apa? Jadi Smk termasuk menggunakan Jaringan Wan dimana terdapat pusat kontrol dari Jakarta. Di Smk Pgri1 Ngawi terdapat server yang terhubung dengan Server Pusat dan terdapat client yang digunakan Siswa. 
Selanjutnya pernyataan dari Jarwoko bahwa di Pt. Inka masih menggukan LAN karena masih menggunakan untuk kirim mengirim suratu surat kabar dan menggukan sharing terhadap printer dan jaringan.

Demikian bila ada kesalahan kata yang tidak berkenan saya mohon maaf.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.



0 Komentar