Kategori IP Address



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pertemuan kedua Jaringan Komputer  yang dibimbing oleh Bpk. Ridho Pamungkas S. Kom., M. Kom. dimana dipresensikan oleh Nur Rokhmanr r dan Dicky Mahendra dengan materi Kategori IP
Pengertian
IP Address atau Alamat IP adalah alamat yang menjadi tanda pengenal untuk setiap host yang terhubung ke jaringan dengan TCP/IP (internet), berdasarkan aturan dari Internet Protocol (IP). Setiap host yang akan terhubung ke jaringan yang berbasis TCP/IP, harus memiliki IP address. IP Address bersifat unik, artinya dalam satu jaringan tidak ada dua host atau lebih yang menggunakan alamat IP yang sama

Kategori IP
Ada 2 pemberian ip dalam Komputer yaitu Ip Static dan Ip Dinamic

IP Address Dinamis (Dynamic IP Address)
Jenis ini pemberian IP secara otomatis diberikan kepada komputer atau perangkat lainnya yang saling terhubung kedalam jaringan komputer secara otomatis dan akan selalu berubah – ubah setiap saat (Dinamis). Untuk pemberiannya sendiri diberikan di dalam jaringan komputer yang bernama DHCP dan yang bertindak mengaktifkan DHCP adalah komputer / perangkat yang dijadikan sebagai DHCP Server.

IP Address Statis
IP Address jenis ini adalah pemberian IP Address kepada komputer atau perangkat lainnya yang terhubung kedalam jaringan komputer secara manual. Dimana pengguna harus mengetahui pengkelasan IP Address, Subnet, Gateway, dan DNS dalam sebuah jaringan.

Dilihat dari daya tampung IP, IP dibagi menjadi 2 yaitu anatara lain

IP Addres versi 4 atau yang lebih dikenal dengan IPv4 adalah versi yang umum dipakai pada saat ini, terdiri atas 4 oktet, dimana setiap oktet mampu menangani 255 buah komputer atau perangkat di dalamnya. Sehingga bila dikalkulasikan 255 x 255 x 255 x 255 = 4.228.250.625 buah host. Angka besar ini untuk teknologi yang maju seperti sekarang sudahlah tidak relevan untuk menampung pengalamatan semua komputer dan perangkat yang saling terhubung. Untuk mengatasi keterbatasan ini salah satu caranya adalah menggunakan NAT (Network Address Translation), yaitu sebuah cara untuk membagi, mengubah, dan memodifikasi pemetaan dari sebuah IP Address.

IPv6 atau IP Address versi 6 adalah pengalamatan versi terbaru dalam jaringan komputer, yang diciptakan untuk menangani masalah keterbatasan daya tamping dari versi sebelumnya, yaitu IPv4. Jika dibandingkan dengan IPv4 yang hanya memiliki 4 oktet dan masing – masing oktet dapat menampung 255 host, maka IPv6 memiliki 16 oktet yang masing – masing oktetnya dapat menampung 255 host. Maka jika dikalkulasikan secara keseluruhan, IPv6 dapat menampung sekitar 3,4 Trilyun host.

Materi ini depresentasikan oleh kelompok 1 dengan anggota Nur Rokhman R dan Dwiky Mahendra dari menyampaikan materi IP Address, kemudian kita sharing-sharing dan ada 3 pertanyaan dari teman-teman 1) dari mas Aditya: Perbedaan dan fungsi IP Statis dan IP Dinamik? 2) dari mas Doni: IP Address  ada berapa kelas? dan berapa range?  3) dan dari saya sendiri pertanyaannya kurang lebih seperti ini, IP Address terdiri dari dari angka-angka biner yang dapat dituliskan sebagai empat angka desimal yang dipisahkan oleh tanda titik. Pertanyaan saya apakah mungkin IP address di dunia ini nantinya akan habis? Jika habis bagaimana solusinya?...kemudian kita ngobrol/sharing tentang topik IP Address di akhir perkuliahan pak Ridho memberikan kesimpulan. Semoga bermanfaat. Sekian terima kasih. 

Demikian bila ada kesalahan kata yang tidak berkenan saya mohon maaf.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.




0 Komentar