Koneksi Intranet



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pertemuan kedua Jaringan Komputer  yang dibimbing oleh Bpk. Ridho Pamungkas S. Kom., M. Kom. dimana dipresensikan oleh  Arga dan Ervan dengan materi Koneksi Intranet.

Pengertian
Pengertian Intranet pada umumnya adalah suatu jaringan privat (tertutup) yang dihubungkan menggunakan protokol – protokol TCP/IP dan biasanya banyak digunakan dalam lingkungan organisasi atau perusahaan. Bisa dibilang Intranet ini adalah suatu jaringan Internet versi pribadi dan dengan skala terbatas. Penggunaan protokol – protokol tersebut dimaksudkan sebagai sarana pengalamatan, dan routing paket data antar host atau pengguna. Dalam hal ini tentu saja setiap komputer menggunakan IP adress versi 4 yang memang masih eksis sampai sekarang Dalam suatu perusahaan atau organisasi tertentu adanya Intranet sangatlah penting serta mampu menunjang segala urusan. Kebutuhan akan keinginan tukar – menukar data antar pengguna agar bisa lebih efektif serta efisien menjadi salah satu faktor utama penciptaan teknologi ini. Mulai diperkenalkan ke publik pada tahun 1995 oleh para pembuat produk jaringan. Hingga saat ini sudah banyak inovasi serta pembaruan teknologi yang hadir dari perusahaan yang berfokus pada jaringan komputer.

Keuntungan penggunaan Intranet:
  • Produktivitas kerja : Intranet membantu pengguna untuk menemukan informasi secara cepat dengan menggunakan aplikasi yang sesuai dengan pekerjaan dan tanggung jawabnya, serta mengakses database yang diperlukan .
  • Efisisensi waktu : Dengan Intranet,organisasi/perusahaan dapat memberikan informasi yang lebih lengkap kepada para anggota/karyawan dimana anggota/karyawan dapat mengakses informasi yang sesuai untuk mereka sekaligus. Hal ini lebnih efektif daripada memberikan informasi melalui email kepada setiap karyawan/anggota.
  • Komunikasi : Intranet memberikan fasilitas yang memungkinkan komunikasi efektif didalam sebuah organisasi, baik secara vertical maupun horizontal. Dengan komunikasi melalui intranet tersebut, para staf akan dapat mengetahui kebijakan yang terbaru dapat ditempuh oleh organisasi/perusahaannya.
  • Sistem publikasi web : Kemudahan akses data memungkinkan data-data organisasi/perusahaan diakses secara mudah. Misalnya pedoman anggota/karyawan, dan data keuntungan, kebijakan organisasi/perusahaan, data pelatihan. Berkas-berkas tersebut dapat di gunakan melalui aplikasi Adobe Acrobat dan Flash. Oleh karena itu tiap divisi dapat memperbarui datanya, pengguna lain dimungkinkan untuk selalu mendapatkan data terbaru.
  • Efektivitas biaya : Pengguna dapat melihat atau membaca melalui web browser tidak perlu membaca data fisik seperti buku manual, daftar telepon,dan daftar permintaan.
  • Keseragaman informasi : Intranet menjamin keseragam informasi yang diterima karena semua pengguna melihat informasi yang sama di intranet.
  • Meningkatkan kerja sama : Dengan informasi yang mudah diakses oleh semua pengguna resmi(internal), kualitas kerja tim,(teamwork) akan meningkat.


Kelemahan penggunaan Intanet
  • Intranet banyak sekali manfaatnya, intranet juga memiliki beberapa kelemahan seperti berikut ini.
  • Informasi yang salah atau tidak dapat juga beredar melalui intranet
  • Dalam perkembangan interaksi di intranet, ada juga kemungkinan untuk mengirimkan hal-hal yang kurang sesuai(kasar/kurang sopan). Dalam hal ini harus ada keseimbangan moral antara memnfaatkan kebebasan dan tanggung jawab untuk memajukan organisasi atau perusahaan.
  • Diperlukan pelatihan (training) untuk mendidik anggota/karyawan untuk menggunakan intranet.
  • Diperlukan tenaga ahli untuk membangun dan mengembangkan intranet dalam sebuah organisasi/perusahaan.
  • Pertimbangan keamanan data merupakan pemikiran utama karena pengguna bisa saja mengirimkan pesan yang sensitive yang dapat terlihat oleh banyak orang.

Oleh karena bebasnya pengiriman pesan antarpengguna, dapat terjadi overload (data penuh) jika tidak di control dengan baik.

Demikian bila ada kesalahan kata yang tidak berkenan saya mohon maaf.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


0 Komentar